Senin, 03 November 2014



Etika Utilitarian

1.      Teori
Etika utilitarian adalah suatu idea atau faham dalam falsafah moral yang menekankan prinsip manfaat atau kegunaan dalam menilai suatu tindakan sebagai prinsip moral yang paling dasar.
Teori utilitarian mengatakan bahwa suatu kegiatan bisnis adalah baik dilakukan jika bisa memberikan manfaat kepada sebagian besar konsumen atau masyarakat.

2.      Kasus
Salah satu contoh usaha yang ada dirumah saya yang dapat memberikan manfaat adalah usaha warnet BOBNET.

3.      Analisis
Teori utilitarian mengatakan bahwa suatu kegiatan bisnis adalah baik dilakukan jika bisa memberikan manfaat kepada sebagian besar konsumen atau masyarakat. Salah satu contoh usaha yang ada itu adalah usaha warnet BOBNET. Warnet BOBNET, terletak di samping rumah saya yang terletak di Jalan Menteng 2 NO.230 Bogor. Menurut saya manfaat yang dapat diarasakan dari keberadaan warnet itu adalah mempermudah anak – anak SD disekitar situ untuk mengerjakan tugas mereka, selain itu anak – anak bisa bermain game OL. Tempat yang nyaman, harga yang terjangkau yaitu Rp 2500,00 per jam dan luas membuat warnet ini banyak diminati. Banyak anak anak di lingkungan sekitar rumah saya yang terbantu dengan adanya usaha kecil yang sangat memberikan pengaruh yang juga positif tersebut, kadang kita tidak menyadari pentingnya pengetahuan bagi anak anak usia dini terutama di wilayah tempat tinggal saya yang terbilang Internet itu merupakan hal yang tabuh dan tidak terlalu di perhatikan. Dengan hadirnya warnet Bobnet ini sekaligus memberikan dampak yang sangat positif .

Sumber:
http://senyumanmuhidupku.blogspot.com/2012/10/etika-utilitarianisme_690.ht

Tidak ada komentar:

Posting Komentar